Blogger templates

Minggu, 22 Januari 2012

MEMBUAT DATA BASE WITH EXCEL 2007

Awalnya saya mendapat tugas dari dari kantor untuk membuat data base Karyawan di tempat saya bekerja. Saya harus membuat data yang dengan cepat dapat melihat nomor karyawan, nama, posisi, tanggal tiba, tanggal cuti, hari tunda dan cuti berikutnya, mencoba beberapa cara dengan mengunakan program excel 2007 tapi masih tidak maksimal saya harus mengeser ke beberapa sheet untuk menemukan cuti terakhir karyawan yang bersangkutan. Akhirnya saya menemukan cara sederhana mengunakan menu DATA VALIDATION caranya :

1. Buka File Excel yang akan kita buat data basenya.
2. Klik Sheet 1 liat data yang akan kita ingin jadikan patokan Data Validation   
    (apakah nomor atau namanya).
3. Klik sheet 2 letak Data Base master.
4. Jika menu Name Manager anda telah aktif, maka klik menu name manager, 
   tapi jika belum aktif anda bisa mengaktifkannya dengan cara klik icon Office  
  di sudut paling kiri Microsoft Excel lalu klik Excel Option kemudian klik 
  custumize lalu klik Name Manager kemudian klik add, secara otomatis menu 
  Name Manager muncul di toolbar Excel anda.
5. Klik Name Manager-Klik New-Beri nama Datanya-pada klom scope pilih 
  sheet1-refresh to blok data yang di jadikan patokan untuk membuat data 
  validation.
7.Klik Sheet2-Klik menu data-klik sub menu data validation-pada kolom allow 
  pilih list-pada kolom source copykan data (Refresh to)  yang ada di kolom 
   name manager kemudian paste ke kolom source di kolom data validation.
8. tekan enter untuk melihat hasilnya.

Demikian penjelasan saya, jika masih kurang jelas bisa kirim e-mail ke : akkarena.180708@gmail.com, atau kirim komentar oke. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar